Soal Konflik Laut China Selatan Menlu Benarkan Jokowi dan Prabowo

peta-keprinewMega Putra Ratya – detikNews

Jakarta – Menteri Luar Negeri Marty Natalagewa ikut berkomentar terkait konflik di Laut China Selatan yang sempat disinggung dalam debat calon presiden pada Ahad (22/6) malam tadi. Menurut dia, yang disampaikan capres Joko Widodo agar Indonesia mengedepankan diplomasi memang terus dilakukan.

Indonesia, menurut Marty, tidak masuk dalam pihak yang bertikai di laut yang disebutnya dengan nama Laut Tiongkok Selatan itu. Namun ingin berkontribusi untuk menyelesaikan sengketa yang melibatkan empat negara itu. Kontribusi dilakukan dengan mencoba memfasilitasi pihak-pihak yang berseteru.

“Tentu upaya ini sifatnya terukur dan realistis bagaimana kemungkinan-kemungkinan keberhasilannya,” kata Marty di Istana Negara, Jakarta, Senin (23/6/2014).

Menurut Marty salah satu ciri dan syarat menengahi suatu permasalahan adalah diterima atau tidaknya negara tersebut oleh pihak-pihak yang bertikai. Beruntung selama ini, Indonesia dengan segala diplomasinya, pemikiran dan gagasannya, diterima oleh semua pihak.

“Sehingga apa yang dikatakan oleh Pak Jokowi sebenarnya itu upaya kita memang dilakukan dengan asumsi kita bisa berkontribusi,” papar Marty.

Sementara terkait kepulauan Natuna yang disebut bakal dicaplok oleh salah satu pihak yang bertikai di Laut China Selatan, Marty menjawab secara diplomatis.

Marty mengakui hingga kini masih ada sejumlah perbatasan laut Indonesia dengan negara tetangga belum selesai dibahas. Misalnya dengan Filipina yang terakhir kali dilakukan perundingan sejak 20 tahun lalu. “Apa yang disampaikan oleh Prabowo betul, ada indikasi wilayah-wilayah laut yang belum tuntas,” kata Marty.

Namun dengan China, dia menegaskan Indonesia tak memiliki sengketa perbatasan laut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s