Jokowi: 100% Keinginan Pengusaha Kita Ngerti

jokowikadin

Maikel Jefriando – detikNews

Jakarta – Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah memahami 100% keinginan para pengusaha. Sehingga menurutnya tidak diperlukan lagi disampaikan. Ia belasan tahun bersama Jusuf Kalla (JK) sudah berkecimpung di Kamar Dagang danIndustri (Kadin) Indonesia.

Hal ini diungkapkan Jokowi dalam dialog dengan kalangan pengusaha Kadin di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (20/6/2014)

“Nggak usah diterangkan saya sudah ngerti, karena saya tahun 1990 sudah berkecimpung di Kadin Solo dan Pak JK tahun 1980 di Sulsel. Jadi mengenai keinginan pengusaha, 100% kita ngerti,” jelasnya.

Ia menuturkan masih banyak potensi yang bisa dioptimalkan di dalam negeri. Hanya saja selama ini pelaksanaan di lapangan masih terlambat dalam mengambil keputusan.

“Menurut saya ada potensi yang sangat besar hanya keputusan lapangan yang sering terlambat,” sebutnya.

Ada tiga hal penting yang menjadi permasalahan dan harus dibenahi. Pertama adalah dari sisi pembangunan sumber daya manusia.

“Bukan infrastruktur dan bukan yang lainnya, tapi adalah pembangunan manusia. Kenapa? karena dengan pembangunan manusia yang baik memunculkan produktivitas dan etos kerja dan itu daya saing akan lebih meningkat,” jelas Jokowi.

Kedua, persoalan infrastruktur, ada beberapa komponen yang sampai sekarang menghambat pembangunan infrastruktur.

“Masalah infrastruktur itu sekarang ini di lapangan adalah yang berkaitan dengan pendanaan, perizinan dan pembebasan lahan. Ini peran pemerintah untuk mendorong sehingga program bisa diselesaikan. Jalan, pelabuhan, itu mudah-mudah sebenarnya,” papar Jokowi.

“Ketiga adalah regulasi. banyak Perda yang tidak pro dengan dunia usaha dan investasi. PP (Peraturan Pemerintah) sama. Ini yang harus dipotong dipotong, dipotong, dipotong,” pungkasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s