Mungkinkah AKBP Mindo Tampubolon Otak Pembunuhan Isterinya Sendiri?

Alm Puteri Mega Umboh dan Mindo Tampubolon semasa hidupnya

Sejak diberitakan pada akhir bulan Juni 2011 yang lalu masyarakat Kepri tidak henti-hentinya disuguhi berita besar yakni pembunuhan Putri Mega Umboh. Dari rentetan pemberitaan mengenai kasus ini, masyarakat awam disuguhi kisah-kisah yang mirip dengan cerita yang ada di novel detektif terkenal Sherlock Holmes. Bagaimana tidak, isteri seorang perwira menengah Polisi didakwa menjadi otak pembunuhan isterinya sendiri dengan menyuruh Ujang kekasih pembantu rumah tangganya.

Berita persidangan mengenai kasus ini sebagaimana dilaporkan oleh kantor berita Antara dapat dilihat dalam tautan berikut: http://www.antaranews.com/berita/293230/sepasang-pembunuh-putri-mega-diancam-pidana-mati

Saat ini AKBP Mindo Tampubolon turut didakwa menjadi tersangka pembunuhan isterinya sendiri dan telah ditahan dengan bukti yang hingga kini hanya berdasarkan pengakuan terdakwa utama Ujang dan Ros. Namun sejak awal dakwaan dituduhkan kepadanya, AKBP Mindo Tampubolon langsung menolak tuduhan. Keluarga almarhum Puteri Mega Umboh sendiri juga menolak keras tuduhan yang dialamatkan kepada Mindo Tampubolon seraya mengajukan tuduhan bahwa dakwaan ini merupakan rekayasa Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Kombes Wibowo. Tak pelak kisah ini menjadi seperti cerita detektif bersambung di hampir semua media massa yang menyedot emosi pembacanya.

Awam hanya bisa berharap proses pengadilan mengungkap kejadian yang sebenarnya. Bagaimanapun sulit memahami secara nalar seorang perwira menengah Polisi seperti Mindo Tampubolon mau melakukan perbuatan yang dituduhkan kepadanya. Dari sisi teori motivasi, Mindo Tampubolon sangat tidak mendapatkan keuntungan apapun bagi dirinya dengan meninggalnya isterinya. Dia memiliki masa depan karir yang sangat baik di  institusi Kepolisian yang menjanjikan kehidupan ekonomis dan sosial yang sangat bagus.

Namun di sisi lain, sulit juga membayangkan seorang perwira menengah senior seperti Kombes Wibowo melakukan tuduhan yang tidak berdasar tanpa bukti-bukti pendukung yang jelas. Jika pengadilan kelak tidak dapat membuktikan tuduhan yang dialamatkan kepada Mindo, ini akan menjadi tamparan keras bagi Kombes Wibowo secara pribadi karena akan dianggap tidak kompeten dalam menjalankan tugasnya selaku kepala perwira penyidik kasus ini. Lebih dari tamparan bagi Kombes Widodo, itu akan menjadi tamparan bagi institusi Polri secara keseluruhan yang akan dinilai  tidak bisa melindungi perwiranya sendiri dari proses penyidikan yang serampangan.

Apapun keputusan proses pengadilan nantinya, kita hanya berharap, keadilan ditegakkan di negeri ini.

Semoga arwah Puteri Mega Umboh saat ini sudah beristirahat dengan damai. (CK)

Advertisements

5 thoughts on “Mungkinkah AKBP Mindo Tampubolon Otak Pembunuhan Isterinya Sendiri?

  1. Basmen Tambun

    Kalau pendapat saya pribadi, dilihat dan diamati dari kornologisnya, bahwa tuduhan-tuduhan yang dialamatkan ke AKBP Mindo Tampubolon, kelihatan sangat dipaksakan dengan maksud tujuan tertentu, sepertinya ada unsur Like this like (sangat tidak masuk akal sehat) dengan cara bodoh seperti itu seorang perwira anggota Polri yang bermartabat, cerdas, trampil dan bermoral melakukan pembunuhan dengan cara bodoh seperti itu.
    Dari sisi teori motivasi apapun atau dari sisi emosi apapun, AKBP Mindo Tampubolon sangat tidak mendapatkan keuntungan apapun bagi dirinya dengan membunuh agar isterinya meninggal dengan cara seperti itu, apalagi ditangan orang lain, dengan membayar seorang Ujang dengan harga Rp. 25 juta dan juga pembantu sendiri, yang 100% akan ketahuan kalau dengan cara seperti itu… (sangat Logika).
    Mindo Tampubolon memiliki masa depan karir yang sangat baik di institusi Kepolisian yang menjanjikan kehidupan ekonomis dan sosial yang sangat bagus. Juga sangat tidak masuk akal melakukan dengan cara bodoh seperti itu… Kalau mau memang ada niat/rencana mau membunuh Putri Mega Umboh karena ada unsur-unsur seperti yang disampaikan Ujang & Rosma misalnya, saya yakin sebagai seorang Perwira anggota Polri yang bermartabat, cerdas, trampil dan bermoral, tidak akan dengan cara setolol itu… Kecuali AKBP Mindo Tampubolon sudah gila, atau Mindo Tampubolon tidak mengerti Hukum, atau Mindo Tampubolon tidak berpendidikan, atau Mindo Tampubolon tidak bermartabat, atau Mindo Tampubolon tidak cerdas, atau Mindo Tampubolon tidak trampil dan atau Mindo Tampubolon tidak bermoral.
    Saya sendiri awalnya tau berita ini sekitar September 2011 setiap membaca berita sempat terkecoh, bahwa Mindo terlibat dalam pembunuhan tersebut. Tetapi kemudian setelah saya ikuti secara terus menerus beritanya Via Koran, Internet maupun Via TV, Saya sangat Yakin & seyakin-yakinya bahkan 100% AKBP Mindo Tampubolon sepertinya tidak terlibat dalam pembunuhan Istrinya tersebut.
    Saudara-saudara, Jangan mau terkecoh dengan permainan seseorang, kita harus bijak dalam mengamati setiap berita saudara2ku…
    Yang benar tetaplah akan benar dan yang salah akan tetap salah setidaknya di mata Tuhan…
    Kenapa saya katakan demikian? Sebab tidak ada yang bisa menjamin 100% adanya keadilan di Dunia ini… Kita tahu banyak kasus besar di Indonesia ini, menyatakan yang salah sangatlah sulit karena banyak Faktor?
    Banyak Faktor yang bisa membuat sesuatu masalah menjadi sangat tidak adil di Dunia ini (terutama di Indonesia ini), diantaranya ketika muncul :
    1. Conflicts of interest.
    2. Discriminate against others.
    3. Use position for personal. ==> Most people realize that someone use their position to make decision become wrong. and ect…
    Demikian pendapat saya.

    Maaf kalau ada kata-kata saya yang salah dan tidak berkenaan dihati saudara-saudara.
    BR//
    Basmen Tambun

    Reply
  2. lydia

    saya setuju saudara basmen tambun yang mengemukakan yang di atas, sedangkan mertua nya dan adik2 ipar dia mendukung dia, dan ortu putri mega umboh lah yang paling bisa merasakan apakah anak nya di bunuh sama suami atau tidak. krn ada pepatah mengatakan hubungan darah lebih kental dr air, sy yakin ortu mega merasa menantunya tdk bersalah pasti tdk bersalah, dan papa nya mega juga seorang polisi dlm pengalaman beliau seorang polisi tentu beliau bisa merasakan anaknya di bunuh sama suaminya atau tidak. saya doakan supaya kebenaran akan bersinar terang di pengadilan ini.percaya saja klu benar akan terjawab kebenaran

    Reply
  3. lia

    Semoga Tuhan Menujukkan siapa sebenarnya Pembunuh Putri,masyarakat bertanya 2 atau menebak2 tapi yang Pasti Allah Maha Tahu, besok melalui hakim yang menangani kasus ini Allah sendiri yang akan mengadili dan memberi tahu siapa otak pelaku pembunuhan putri

    Reply
  4. surya

    saya fokus pada ujang, bukan berarti saya percaya pada ujang, tapi justru saya SANGAT TIDAK PERCAYA dengan keterangan ujang dari awal, di batam ini orang2 pembuat masalah seperti ujang ini ada banyak, sudah terlihat dari kesaksian2 yang dia berikan, terlihat bahwa ujang ini orangnya picik, kejam, culas, tapi tak mau berpikir panjanjang, dia dengan tega memanfaatkan rosma, membunuh putri dan memfitnah satpam, harusnya dialah yang dihukum berat

    Reply
  5. jay

    Berharap team penyidik kasus mindo tampubolon bisa bekerja tanpa intevensi dari luar,dan memakai pemikiran logika.krn kasus ini ada tanda2 bahwa ada kepentingan pribadi didalamnya.sebagai pertanyaan dan usulan,,,apa tidak mungkin team penyidik dari polda kepri tsb ∂ï periksa dulu,sejauh mana akurat dr keputusan beliau yang mengatakan mindo sbg terdakwa?yang kedua,,knp pihak penjara polda kepri memberikan akses kepada ujang dan rosma melakukan mesum sampai rosma bisa hamil.apakah ini logika?ada apa dengan polda kepri???????????

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s