Bintan Beach International Resorts

manamanabeach31.jpg

Oleh: Meity Mutiara Lidwinawanty 

Dimana? Bintan? Never heard before …!!! Search engine … dan, ooopppsss … aku mengenalnya dengan Tanjung Pinang. Yang ternyata Tanjung Pinang itu adalah sebuah kota yang terletak di bagian selatan pulau Bintan. Lalu Bintan Resorts? Disebelah utara pulau Bintan. Masih dalam wilayah Republik Indonesia ternyata! Itu, disatu hari bulan April 2001. Sekarang, Tanjung Pinang lebih dikenal sebagai ibukota propinsi Kepri.

Bercerita tentang Bintan Resorts, maka aku akan bercerita tentang banyak hal. Tentang cross-culture society, tentang pengenalan pada lingkungan hospitality industry yang sebelumnya bukan duniaku, tentang lingkungan yang terjaga dan tertata dengan apik, tentang kemandirian, tentang pembelajaran yang terus berproses disetiap denyut nadi.

Menjadi bagian dari keluarga besar Bintan Resorts, adalah sesuatu yang tidak pernah ada dianganku sebelumnya. Tak ada bayangan nyata tentang Bintan Resorts sebelum 2 Juli 2001. Keterbatasan sumber yang tersedia, membuatku terkagum-kagum saat pertama kali menginjakkan kaki diwilayah ini. Ini masih jadi bagian negeri ini. Dan sekali lagi, ini masih ada di wilayah Republik Indonesia! But most of Indonesian people did not know that! Dan aku adalah sedikit dari sekelompok yang tahu tentang indahnya tempat ini. Senangnya!

Hari pertama, adalah tentang teman-teman baru, keluarga baru, curhat dari orang-orang yang baru aku kenal, setumpuk complaint yang harus aku selesaikan dan ada shock therapy! Dalam tiga bulan pertama, banyak hal yang terjadi. Saat-saat proses penyesuaian, saat-saat proses pembelajaran, saat-saat berbagi semua terrangkum dalam sebuah kata bernama, kenangan! Kenangan ketika menghadapi kemarahan penumpang, kenangan ketika membuat orang lain bahagia, kenangan ketika bisa berbagi pengalaman dan ilmu, kenangan ketika bisa berbagi tanggung jawab, kenangan ketika belajar menjadi pendengar tanpa harus berkomentar satu huruf pun!

Hari-hari selanjutnya tentang Bintan Resorts

Adalah pengalaman baru. Tentang saat berlari mengejar ferry yang akan berangkat meninggalkan pelabuhan. Tentang menaklukkan kebun durian milik penduduk setempat. Tentang perjalanan mengikuti mangrove tour di bawah sinar matahari yang terik. Tentang inspeksi di air terjun disiang hari yang terik. Tentang inspeksi ketinggian gelombang ditengah hempasan musim angin utara dari Batam ke Bintan Resorts.

Adalah cerita sosialisasi yang sedikit berbeda dengan Jakarta. Disini, rekan kerja adalah tetangga dan teman serumah. Disini tetangga adalah saudara. Disini teman serumah adalah keluarga. Dan disini juga ada cerita tentang SGD yang dapat dipergunakan di Pujasera, meskipun lembar uang itu tak mulus lagi. Disini juga ada cerita tentang wisata kuliner diluar kawasan Bintan Resorts.

Adalah proses mandiri. Tentang mengelola keuangan. Tentang memutuskan sesuatu untuk melangkah. Tentang pilihan dan segala tanggung jawabnya.

Adalah keindahan. Tentang pasir pantai yang putih dan halus seperti hamparan kristal. Tentang sunset terindah yang pernah aku lihat. Tentang perjalanan malam disungai bakau menikmati kerlip genit serombongan kunang-kunang yang terbang rendah dan dekat. Tentang indahnya taburan bintang-bintang dilangit malam seperti taburan mutiara saat berdiri dekat jendela housing yang terbuka lebar.

Ada pertanyaan: apa yang sudah kamu dapatkan selama kamu di Bintan Resorts? Banyak! Pengalaman, proses belajar, proses berbagi, proses pembelajaran pada dunia hospitality industry.

Saat langkah meninggalkan tempat ini, ada untaian kata yang aku coba susun untuk keluarga besarku disini:

… My air ticket to Jakarta is confirmed on 02 August 2007 at 1730 Indo time and it does not mean I will stop to promote Bintan Resorts to all my friends out there after that. Let me spread the words about good things in Bintan Resorts to them with my own way!

Dan sekarang … Jakarta yang dengan segala isinya akan membuat aku selalu rindu akan tempat ini! Besok atau lusa, aku akan kembali untuk sekedar mengobati kerinduan pada keluargaku disini.

 

Advertisements

2 thoughts on “Bintan Beach International Resorts

  1. meitymutiara

    Kapan? Kalau liburan yang jelas, tapi pengennya menginap di Villa Banyan Tree … kira-kira ada yang mau kasih sponsor ga ya?

    Karena kalau menginap di lodge, ya lebih baik dihousingnya Nia & Meity dong … ***masih berlaku ternyata …***

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s